Sunday, May 13, 2012

Alternatif Kerja Online

Kerja online untuk era sekarang ini menjadi sebuah peluang kerja tersendiri bagi para netter. Jika bekerja di dunia nyata, kita diharuskan memenuhi beberapa persyaratan misalnya harus lulusan S1, minimal pengalaman kerja 2 tahun dibidangnya, harus tes kesehatan, dan seabrek syarat-syarat yang ribet. Namun dengan kerja online, Anda tidak membutuhkan semua itu. Hanya membutuhkan skill yang dapat diandalkan maka Anda bisa memulai pekerjaan online.

Apa itu kerja online?
Kerja online adalah kerja melalui media internet sebagai jaringan penghubung antara kita dengan client atau orang yang membutuhkan jasa kita. Sebenarnya kerja online hampir sama dengan kerja didunia nyata, yang membedakan adalah ruang dan waktu. Jika kerja nyata kita harus berangkat pagi pulang petang, maka kerja online tinggal nongkrong dari dalam kamar sambil mengerjakan pekerjaan kita.

Kelebihan kerja online


Kita bisa bekerja dari dalam rumah, tidak memakai seragam, tidak perlu berangkat pagi pulang petang, dan kita bisa mengatur jadwal pekerjaan sesuai kehendak kita. Karena waktu yang kita atur, bukan waktu yang mengatur kita. Dan biasanya income yang ditawarkan lebih menggiurkan dari pekerjaan nyata jika kita bisa mendapatkan client dari luar negri.

Kekurangan kerja online


Karena hanya bekerja dari dalam rumah, tentu saja kita tidak mempunyai jabatan. Bahkan lebih sering di cap sebagai pengangguran. Jika Anda mendambakan pangkat, dan jabatan, maka pekerjaan ini tidak cocok bagi Anda.



Jenis pekerjaan online

Ada banyak sekali pilihan kerja online, tergantung skill atau kemampuan kita. Semakin banyak kemampuan yang kita miliki, semakin banyak pula peluang kerja online yang bisa kita dapat. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan online yang bisa coba.
  • Virtual Assistant, VA atau Virtual Assistant adalah pekerjaan sebagai asisten di dunia maya. Pekerjaan yang dilakukan adalah membantu pengusaha online untuk menjalankan usahanya. Jadi kita mengerjakan segala sesuatu yang diminta client.
  • Web design, pasti Anda sudah tidak asing dengan web design. Pekerjaan yang berhubungan dengan membuat sebuah situs atau website. Jadi ketrampilan yang harus dimiliki adalah design web.
  • Ghost writer, sesuai dengan arti tersebut, ghost writer adalah jenis pekerjaan tentang menulis. Jadi kita menjual tulisan kita terhadap perorangan atau perusahaan yang kemudian tulisan tersebut diterbitkan pada web mereka. Skill yang harus dimiliki tentunya kemampuan menulis dalam bahasa inggris, jika bisa menuis dalam bahasa lain, bisa menjadi nilai tambah tersendiri.
  • SEO service, merupakan jenis pekerjaan tentang menjual jasa untuk menaikkan sebuh website pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan mesin pencari lainnya.
  • Entry data online, ini adalah pekerjaan yang sedikit mudah, karena yang dibutuhkan hanya ketelitian dan kecepatan. Biasanya kita disediakan ratusan atau ribuan data untuk dimasukkan kedalam website atau form yang disediakan oleh client.
  • Logo design, Sesuai dengan namanya, pekerjaan kita adalah membuat logo, tentunya skill yang harus dimiliki adalah kemampuan tentang mengolah gambar atau foto misalnya adobe photoshop, corel draw dan sejenisnya.

Cara mendapatkan Pekerjaan Online

Ada banyak pilihan tempat untuk mendaatkan pekerjaan online. Berikut ini beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan klien.
  • Forum Digital Point. Pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar. Setelah itu masuk ke subforum service. Disini banyak orang yang menawarkan jasa atau mencari jasa. Pantau terus hingga Anda mendapatkan klien yang sesuai.
  • oDesk. Ini merupakan situs yang khusus tentang pencari kerja. Banyak lowongan kerja online yang bisa didapatkan disini. Tinggal mendaftar dan mengikuti instruksi yang diberikan.
  • Warrior Forum. Seperti di forum DP atau digital point, Anda bisa menawarkan jasa yang dimiliki.
  • Adsense-Id. Masuk dan register, kemudian menawarkan jasa seperti forum-forum diatas.
Lowongan kerja nyata tidak sebanding dengan angka kelulusan setiap tahunnya. Sehingga banyak sekali pengangguran karena gagal bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang disediakan. Semoga dengan kerja online bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Apakah Anda berminat untuk kerja online?

No comments:

Post a Comment